Rabu, 29 Oktober 2008

Gaya Natural Rambut Sehat


BUKAN zamannya lagi memiliki "rambut rekayasa" dengan terlalu banyak proses kimiawi. Model bob alami ala Agyness Deyn masih menjadi tren tahun ini.

Tahun ini tatanan rambut alami sedang in. Gaya rambut ini sangat cocok bagi wanita aktif yang tidak memiliki banyak waktu untuk menata rambut. Kepraktisan adalah kunci bergaya. Cukup dengan sedikit tatanan, bisa menggunakan jari tangan atau sisir dan hairspray, you got the look! Rambut ikal alamiah, bukan rekayasa perming.

Potongan bob natural, melengkung cantik karena memang memiliki tekstur rambut lurus, atau cepak stylish ala supermodel Agyness Deyn, misalnya. Beberapa penata rambut top Tanah Air pun merilis gaya rambut tersebut.

Peter F Saerang, penata rambut kenamaan, mengedepankan tren penataan rambut natural dengan perhatian khusus pada kesehatan rambut.

"Tren yang saya keluarkan untuk tahun 2008 ini lebih natural, dalam penataannya juga tidak terlalu complicated, dengan warna natural. Lebih praktis dalam perawatan maupun produk yang digunakan," tutur Peter saat ditemui di salon Peter F Saerang di Plaza Indonesia, belum lama ini.

Dalam menentukan tren model dan warna, Peter senantiasa berkiblat pada mode di Eropa. Terlebih dia memang secara rutin berkunjung ke Eropa.

"Tren rambut tidak bisa berdiri sendiri tanpa ditunjang busana dan aksesori karena tren dan mode adalah suatu kesatuan," ujar pria yang menjadi penata rambut dan make up Kerajaan Brunai Darussalam ini.

Memang tidak semua tren di Eropa dapat diadaptasi masyarakat Indonesia. Perbedaan musim, kultur, dan banyak hal membuat tren hendaknya adaptif dengan kondisi masyarakatnya. Senada dengan Peter, Rudy Hadisuwarno juga mengakui rambut gaya alami masih menjadi tren tahun ini. Diakui Rudy, model rambut yang tengah menjadi tren tahun ini adalah rambut pendek dengan model bob.

Guntingannya geometris dengan garis guntingan agak rapi dan penipisan-penipisan atau pola trap di ujung rambut. Bentuk potongannya bukan bob klasik atau segi empat, melainkan bob nunging (pendek di belakang dan panjang di depan). Untuk tekstur, biasanya lurus alami, bukan hasil rebonding. Rambut lurus itu bisa didapat karena rambut aslinya lurus atau hasil smoothing.

Rambut keriting dilakukan smoothing terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil lurus alami supaya bisa mendapatkan potongan bob. Sementara itu, untuk rambut panjang, guntingan lebih ke pola segi empat atau oval dengan trap tidak sampai ke atas.

"Trapnya hanya sampai tengah rambut dengan tekstur bergelombang dengan bagian ujung keriting," ujarnya.

So, model lurus bukan lagi tren tahun ini. Rambut model bob ini tak hanya cocok untuk kalangan anak muda, juga cocok untuk para wanita di usia matang. Penata rambut Sugi dari Sugi Salon mengatakan, kalangan wanita mapan, berusia tiga puluh tahun ke atas, banyak yang suka dengan model ini.

Hanya, modelnya lebih konvensional dengan permainan trap. Mereka juga cenderung main aman dalam pemilihan warna. Tidak banyak menggunakan highlight, hanya menyukai satu palet warna dasar seperi warna plum. Sementara untuk anak muda lain lagi.

"Anak muda maunya lain dari yang lain, tidak seperti bob tahun '70- an. Bagian kiri atau kanan lebih panjang, dan ujungnya diberi warna," tutur Sugi.

Pengaruh gaya Harajuku masih kental. Di antaranya dengan paduan bob dan layer. Rambut sepundak bermodel layer dengan bentuk pada bagian kepala belakang menonjol, atau bob nungging.

Keunikan model bob ini adalah pada ujung rambut dibuat lebih tajam, futuristik, tapi tetap enak dipandang. Bagi klien muda, permainan poni juga tetap hips. Bagaimanapun, cute look selalu diinginkan gadis-gadis remaja zaman sekarang.

Tidak ada komentar: